December 16, 2007

Mengenang sejarah



Duuh judulnya terlalu hiperbole yach? he gapapa wes, hmm ceritanya abis kuliner tadi aq ajakin kk lanjut ke monumen Kresek (alhamdulillah mau he). Abisnya kacian banget gitu looh aq udah hampir 5 th di Madiun tapi lum tau tuch tempat bersejarah yang da diMadiun.

Monumen Kresek itu adalah tempat dimana dulu lokasi pembantaian yg dilakukan PKI, tau kan men-temen sejarahnya gimana kota madiun terkenal gara2 pecahnya peristiwa PKI itu. kalo dari keterangan dari monumen tsb ada sekitar 17 orang yang dibantai dilokasi tsb.

Tapi menurutku lebihh kalee yach, karena yang 17orang tsb pejabat2nya aja sedangkan yg warga biasa tidak terhitung karna ga ada keterangan yg jelas (tapi dari reliefnya buanyak)


tapi sayangnya monumen ini kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah, untuk masuk areal ini ga ada tuch yang namanya tiket masuk. Padahal kalopun ada ga masalah kalee yach yg penting fasilitas umunya juga dilengkapi misalnya musholla, toilet dll.

Dan yang lebih sedih adalah tempat ini sudah ga ada nilai historis or sakralnya, soalnya udah berubah fungsi menjadi tempat mojok para kawula muda hiks..., padahal di prasasti ditulis:


Monumen keganasan PKI ini kita persembahkan kepada para Generasi muda,
untuk mengingatkan kebrutalan dan kekejaman musuh-musuh
Pancasiladan perjuangan bangsa
Tegakkan dan pertahankan terus Pancasila dan UUD 45


No comments: