April 17, 2009

Hiatus...

Sering saya mendengar kata ini tertulis dalam suatu blog, ataupun tersebut dalam percakapan antar blogger. Pada awalnya saya belum mengerti benar makna kata hiatus, darimana dan siapa orang pertama kali yang membuat istilah ini. Hasil pencarian di wiktionary sebuah kamus kosa kata online, saya mendapatkan informasi tentang Hiatus sebagai berikut :

Hiatus berasal dari bahasa Latin, yakni hiatus, artinya sebenarnya adalah gap atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia setara dengan celah, atau renggangan. Namun jika dilihat arti gap dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) terbitan Balai Pustaka tahun 1989 maka gap diartikan dengan degap, jantung berdebar, atau bunyi meja yang ditepuk.

*Hmmmm.. kok tidak ada hubungannya ya dengan dunia blogging? Sedangkan dalam wiktionary sendiri arti hiatus ternyata cukup banyak.Hiatus adalah :

A break or pause; a gap in a series, making it incomplete.(linguistics)
A pause between same vowels at the end and the beginning of a word, as in “co’operation”.
A gap in geological strata.
A fissure in a bone.
A small difference in pitch between two musical tones.
A temporary pause in such activities as blogging or column writing.
Dikutip dari http://en.wiktionary.org/wiki/hiatus

Nah, dalam arti keenam disebutkan bahwa kata hiatus dalam dunia blogging merupakan sebuah istilah yang berarti berhenti sejenak dari aktivitas blogging. Aktivitas blogging sendiri menurut wikipedia adalah :

Authoring a blog, maintaining a blog or adding an article to an existing blog is called “blogging”.Dikutip dari http://en.wikipedia.org/wiki/Blogging

Jadi bisa disimpulkan bahwa hiatus adalah istilah yang berarti berhenti sejenak dari aktivitas blogging seperti membuat sebuah blog, memeliharanya ataupun juga menambahkan postingan pada blognya.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Berhubung dah mau pulang kampung n' mang sulit conect inet kalo dirumah hehe jadi sementara off dulu yach ampe dengan dapet modem HSDPA (belinya cepetan ya Bi... he)
Mohon doanya agar perjalanan pulang ini diberi kelancaran dan keselamatan maklum pulang dgn peyut yg dah buncit :)
n' moga diberi kesehatan sampai dgn persalinan kelak dengan mudah dan normal, dede bayi n' uminya sehat walafiat tdk kurang suatu apapun.... Amiiin

No comments: